Sabtu, 12 Januari 2008

The Ten Commandment of Computer Ethics

Penggunaan komputer dan internet terus meningkat, saat ini sudah 149 juta orang diseluruh dunia yang menggunakan fasilitas internet dan diperkirakan pertumbuhan internet mencapai 12 % per bulan. Tujuan dan perilakunya pun memang berbeda. Umumnya orang dewasa menggunakan internet sebagai bagian dari pekerjaan dan untuk mendapatkan informasi, sedangkan anak-anak mengakses internet untuk kebutuhan hiburan seperti game, music, dan berkenalan dengan orang lain.

Dengan banyaknya pengguna internet ini maka dapat dipastikan selalu ada sisi positif dan negatifnya. Cyberbullying ( pelecehan atau perilaku mengganggu didunia cyber ) adalah salah satu dampak negatif yang sering terjadi dan dari perilaku ini disurvey telah banyak mengganggu mental anak-anak remaja. Maka dari itu kita harus belajar bagaimana untuk mempunyai etika yang baik dalam ber komputer . Berikut sepuluh etika berkomputer, seandainya diterapkan oleh remaja dan profesional IT pasti dampak negatif dari penggunaan internet akan berkurang :

1.Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain
2.Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain
3.Jangan memata-matai file-file yang bukan haknya
4.Jangan menggunakan komputer untuk mencuri (kita sering dengar kata hacker yaitu orang yang dapat menyusup ke suatu jariangan atau ke komputer orang lain guna mendapatkan keuntungan, hal tersebut sering di sebut virtual thief)
5.Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu
6.Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayar (Banyak pengguna software untuk komputer adalah yang atau lebih di kenal bajakan padahal untuk menanggulangi hal tersebut telah banyak di ciptakan software2 yang open source atau freeware)
7.Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan
8.Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain (Tentu dunia pembajakn hak cipta , sudah tidak asing lagi di telinga kita, padahal sudah jelas undang-undang yang mengatur kekayaan intelektual tersebut)
9.Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
10.Selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan komputer

Tentunya kesepuluh etika dalam berkomputer tersebut penting sekali untuk di tindak lanjuti kita harus memahami benar dalam setiap tindakan kita, tahu pula aturan yang mengikatnya. Ibarat menggunakan barang tapi tak tau aturan pakainya maka barang tersebut akan rusak lebih cepat. Begitu juga dengan kita ,kalau kita tidak memahami etiket tersebut maka akan berdampak negatif pada moral kita tentunya.

Sebagai netizen (masyarakat cyber ) kita harus bersama-sama belajar untuk lebih baik lagi dalam melakukan cyberworld ethics, saya yakin dengan perkembangan dunia internet yang begitu cepat dan diimbangi dengan etika berkomputer yang baik pasti perkembangan didunia IT akan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar: